Cara Mendidik Anak cara Islam sesuai anjuran Rasulullah SAW

Mengembangkan anak menurut ajaran islam serta panduan praktis sesuai Sunnah Rasulullah Saw.

Menurut islam, pendidikan itu sangatlah penting, dan orang tualah yang sangat bertanggung jawab atas perkembangan anak itu sendiri. Adapun pedoman yang sangat jelas tentang bagaimana mendidik anak dengan baik dan benar sesuai anjuran Rasulullsh Saw.

Dalam hal ini, akan di jabarkan seberapa besarkan prinsip dan praktik yang sesuai dengan ajaran islam, sebagaimana yang telah di ajarakan Rasulullah Saw untuk menuju akhlak budi pekerti anak yang baik :

  • Kasih sayang dan perhatian

Sesuai anjuran Rasulullah Saw, bahwa penting sekali memberikan penekanan kasih sayang dan perhatian penuh kepada anak-anak. ini sesuai yang di contohkan oleh beliau ( Rasulullah Saw ) yang sangat sempurna dalam memperlakukan anak-anak dengan pebuh perhatian dan lemah lembut.

Rasulullah Saw juga mengaskan dalam hadistnya yang sering kita dengar bahwa dalam hadist tersebut menjelaskan pentingnya menyayangin anak-anak ” Barang siapa yang tidak menunjukan rasa kasih sayang kepada anak-anak kamu, maka bukanlah bagian dari kami”.

  • Telandan yang Baik

Rasulullah Saw adalah sebagai contoh teladan yang sempurna dalam segalah dan aspek kehidupan di muka bumi ini. Termasuk sebagai contoh sosok ayah dan pendidik bagi anak-anaknya,  terbukti, anak-anak akan belajar lebih nayak dari apa yang kita lakukan dari pada yang kita katakan, maka salah satu cara terbaik dalam mendidik anak adalah dengan menjadi teladan yang baik bagi mereka.

Kemudian banyak hal yang perlu kita contohkan dalam kehidupan sehari-hari, terbukti sekali bahwa orang tuan harus berusaha untuk memperaktikan nilai-nilai islam secara konsisten di depan anak-anak kita.

Semisal contoh kecil saja di dalam lingkungan keluarga ataupun masayarakat sekita atau tetangga kita, menjaga hubungan yang baik dengan tetangga, memperlakukan orang lain dengan adil dan menunjukan kesabaran dalam menghadapi kesulitan adalah sikap-sikap yang sangat perlu dan harus di teladani kepada anak-anak kita.

  • Pendidikan Agama

Dalam agama islam, pendidikan agama merupakan prioritas yang  utama dalam mendidik anak-anak. Bahkan Rasulullah Saw, meyatakan bahwa pentingnya pendidikan agama yang terkandung didalah hadistnya, yang dituangkan dalam sabda rasulullah Saw, ” Carilah ilmu dari ayunan hiangga liang lahat”. artinya dalam hal ini adalah pentingnya untuk terus-menerus belajar dan terus mendalami agama.

Dalm hal ini, lagi-lagi peran dan tanggung jawa orang tuan yan gharus memastikan bahwa anak-anak kita mendapatkan pendidikan yang memadai dan tepat. semua ini tentunya tak luput dari peran Al-Qur’an, hadist-hadist Rasulullah Saw.

Tetntunya hal ini mencakup uga tentang praktik ibadah seperti Shalat, puasa, dan sedekah, kemudian orang tuah harus betul memperhatikan dan memastikan anak-anak kita untuk memehami makna dan relevansi ajarn islam dalam kehidupan sehari-hari.

  • Kedisiplinan yang Bijaksana

Menerapkan kedisiplinan dan kebijakasanaan dalam mendidik anak perlu sekali dalam membentuk anak kita, namu Rasulullah Saw pun mengajarkan  bahwa dalam mendidik anak dengan memberikan hukuman terhadapa anak janganlah berlebihan artinya janganlah melampaui batas.

Kemudian, dalam hal ini perlu sekali menggunakan metode-metode yang  sekiranya tidak menyakiti atau bersifat merendahkan anak-anak dalam hal proese kedispilinan. Adapu sabda Rasulullah SAWtentang hal ini ” Tidak boleh mencmbuk dalam hukum, kecuali dalam perkara hudud ( hukum yang ditetapkan dalam syariat islam ).”  artinya, dalam hal ini mnunjukan pentingnya menggunakan kedisiplinan yang proporsional serta bermartabat.

  • Membangun keterampilan dan kemandirian

Dalam membangun keterampilan dan kemandirian individu anak-anak, adalah tujuan akhir dari pendidikan yang di ajarkan orang tua. Adapun anjuaran Rasulullah SAW mendorong orang tuan untuk lebih membantu anak-anak mereka mengembangkan keterampilan yang sangat di perlukan untuk menjuju sukses dalam kehidupan tidak hanya diuniawi bahkan ukhrawi.

Kemudian, dalam mendukung anak-anak membangun keterampilan serta kemandirian mereka, peranan orang tua panting sekali, orang tua harus memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk belajar dan mengembangkan minat serta bakat mereka.

Ini semua bisa meliputi pendikikan formal, seperti pendidikan sekolah, maupun pembelajaran informal, sperti keterampilan sosial, kemampuan dan keberanian.

  • Kesimpulan

Dalam hal ini, Bahwa Rasulullal SAW telah meberikan contoh yang sangat sempurna tentang bagaimana mendidik anak menurut islam, yaitu dengan metode yang sangat sempurna, melalui kasih sayang, teladan yang baik, pendidikan agama, kedisiplinan yang bijaksana serta pengembangan dalam membangun keterampilan dan kemandirian.

Selanjutnya, peran orang tua sangatlah berpengaruh yaitu sebagai pendidik haruslah menyadari pentingnya mempraktikan nila-nilan isalm dalam kehidupanya sehari-hari, serta  terus belajar untuk menjadi teladan yang baik bagi anak-anak kita.

Kemudian, ketahuilah dengan mengikuti prinsip-prinsip yang di ajarkan oleh Rasulullah SAW, diharapkan anak-anak akan tumbuh menjadi individu yang beriman, serta bertanggung jawab, dan  sekaligus bermanfaat bagi masyarakat dan umat islam secara luas.

FAQ :

Pertanyaan umum tentang mendidik anak dalam islam :

  • Bagaimana cara mendidik anak dalam islam?

Dalam mendidik anak dalam islam melibatkan beberapa prinsip yang utama, salah satunya termasuk memberikan kasih sayang danperhatina, meberi teladan yang baik kepada anak-anak, memberikan pendidikan agama yang memadai, merapkan kedisipinan yang bijaksana, membantu anak-anak mengembangkan keterampilan dan kemandirian anak-anak itu sendiri.

  • Mengapa penditnya pendidikan anak dalam islam?

Dalam hal pendidikan di dalamagama islam sangat penting sekali, ini juga merupakan tanggung jawab orang tua sebagai amanah dari Allah SWT.  Mendidik anak dalam islam juga tentunya sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW,  ajaran islam membantu mereka tumbuh kembang menjadi individu yang beriman, bertanggung jawab, dan bermanfaat bagi masyarakat luas serta bermanfaat untuk umat islam kelak.