Manfaat Bersedekah

Menggali manfaat Spiritual dan Sosial :

Untuk urusan besedekah tidak mengenal hanya satu agam saja, akan tetapi berlaku untuk semua agama dan budaya yang ada di seluruh dunia ini. bersedekah dijelaskan secara harfiah, yang di artikan memberi denan sukarela dengan tidak mengharapkan imbalan dari orang yang diberi.

Kemudian, Aktivitas ini selain memiliki dampak posistif secara spiritual bagi individu yang memberi sedekah, akan tetapi juga memberikan manfaat sosial yang sangat signifikan bagi orang – orang sekitar yang terimbas secarakeseluruhan. berikut penjelasan tentang manfaat bersedekah baik dari segi spiritual ataupun segi sosial :

Manfaat Spiritual Bersedekah :

  • Meningkatkan rasa kepuasan dan kebahagian :

apakah salah satu manfaat sepiritual terbesar dari bersedekah yaitu : anda akan memeiliki rasa puasa atau kepuasan tersendiri serta kebahagian yang akan di rasakan oleh setiap individu yang melaksanakan bersedekah ini.

Apa sebabnya? karna kita mengetahui bahwa telah membantu kepada mereka yang sangat membutuhkan yang serba kekurangan, dan yang diberi menunjukan hatiyang luar biasa senangnya, disaat itulah rasa puas itu akan terasa, efeknya kita akan merasa bahagia.

  • Bisa menjaga keseimbangan Spiritual kita :

Yang pasti bersedekah ini mempunyai tujuannya baik secara spiritual ataupun ssecara sosial. yaitu tujuanya adalah membantu kita dalam menjaga keseimbangan spiritual kita dengan mengurangi rasa serakah dan egois yang ada di dalam diri kita.

Lalu, dengan kita membagikan rezeki terhadap sesama, kita telah membiasakan diri kita untuk lebih menghargai apa yang kita miliki dan menjadikan kita lebih terhubung dengan orang lain.

  • Bisa meningkatkan kualitas hidup kita :

Ketika sesorang memutuskan untuk bersedekah , sesorang tersebut akan merasa dirinya dekat dengan nilai-nilai yang lebih tinggi dan tujuan hidup yang lebih bermanfaat dari sekedar mencari kekayaan secara meteri saja.

Ternyata bersedekah juga dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan baik lahir dan batin terlebih lagi bermanfaat dan bedampak untuk kepuasan dan kesleuruhan dalam hidup kita.

  • Meningkatnya rasa syukur kita :

Bahwasanya, bersedakah ternyata membantu untuk kita mengasah rasa syukur kita, dengan kita melihat keadaan dan kondisi disekitar kita yang kurang beruntung. akibatnya, kita menjadi lebih bisa menghargai apa yang kita punya dan menyadarkan bahwa hidup kita lebih beruntung dari mereka.

  • Membangun koneksi hidup kita dengan Tuhan :

Dalam pandangan banyak agama, bersedekah ini merupakan sebagai bentuk ibadah sebagai sarana mendekatkan kita kepada Tuhan, yaitu dengan kita memberikan sebagian harta yang kita miliki kepada mereka yang kurang beruntung dari kita, yang sekiranya sangat membutuhkan uluran bantuan kepada kita yang lebih layak memberi dari pada menerima.

semua ini sangat sejalan sekali dengan hubungan spiritual kita dengan sanga pencipta, agar kita menjadi orang yang lebih baik dan selamat dunia dan akhirat kelak jika amal kita di banding-bandingkan suatu saat nanti di pengadilan akhirat nanti.

Manfaat Sosial Bersedekah Dalam Hidup Kita :

  • Mengurangi Ketimpangan Sosial sesama

Bersedekah ini sangat penting sekali dalam segala aspek khidupan kita, besedekah ini berperan penting sekali dalam mengurangi dan mengatur ketimpangan sosial terjadi, dengan membrikan dukungan secara moril dan materil kepada mereka yang bernasib kurang beruntung secara ekonomi dalam hidupnya.

Kemudian dalam pelaksanaanya, ternyata manfaat bersedekah untuk sesama ini meberikanefek yang luar biasa dalammebantu memperbaiki ketidakstraan dalam masyarakat dan memberikan kesempatan yang lebih adil bagi semua orang yang membutuhkanya.

  • Meningkatkan akses bagi kesehatan dan dunia pendidikan

Apapun itu bentuknya bersedekah,  ternyata bisa membentu meningkatkan akses terhadap masyarakat luas dalam bentuk pelayanan kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat yang tidak mampu. artinya ini ikut serta membantu menciptkan lingkungan yang sehat dimana semua orang memiliki kesempatan yang sama dalam hal kesehatan dan pendidikan untuk berkembang bersama-sama.

  • Mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di lokal :

Semua ini bisa berjalan dengan baik jika, kita sadar betul manfaat dari besedekah. salah satunya, bisa membantu dalam membangun terhadap ekonomi lokal, dengan memberikan dukungan terhadap usaha kecil dan menengah serta masyarakat yang ingin mendiri setelah di bantu.

Akibatnya apa, hal ini sangat berdampak sekali atas perputaran dan produktivitas yang sangat berkelanjutan bagi semua aspek kehidupan khalayak banyak khususnya bagi masyarakat lokal yang telah di bantu.

  • Membangun Kebersamaan serta Solidaritas antar sesama

Hal ini akan terjalin dengan sendirinya, sebab ketika kita sedang berbagi dengan orang-orang yang tidak membedakan suku dan golongan yang ada. yang mereka sangat membutuhkanya.

Dengan ini otomatis kita membangun rasa solidaritas dan kebrsamaan dalam masyarakat. inipun bisa memperkuat rasa ikatan antar individu dan menciptakan komunitas yang lebih kuat.

  • Menginspirasi Tindakan kabaikan lainnya.

Adapun tindakan yang baik pasti selalu memberikan efek yang positif. saat seseorang melakukan sedekah baik harta dan tenaga, hal ini bisa di tularkan sehingga bisa mengisipirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama, namun dengan demikian, Beberapa kebaikan bisa menjadikan sebuah awal dari gerakan yang lebih besar untuk perubahan positif dalam masayarakat.

Kesimpulan :

Setiap hal yang baik pasti memiliki efek yang luar bias baik juga baik saat ini atapun dikemudian hari, contohnya besedekah, tidak hanya memberikan manfaatsecara sriritual bagi individu yang memberi, akan tetapi juga memiliki dampak yang sangat luas dalammembantu memperbaik kondisi sosial dalam masyarakat.

Dengan kita memperaktekan kegiatan bersedekah ini secara konsisten, maka kita dapat membentuk masyarakat yang lebih berempati dan bersimpati, adil dan berkelanjutan.

Maka sebaiknya diutamakan dalam hidup ini di biasakan mengutamaka nilai-nilai kedermawanan dan berbagi dalam kehidupan kita sehari-hari.