Sejarah Masuknya Islam di Indonesia

Masuknya Peradaban Islam di Indonesia.

Taukah kamu Islam itu seperti apa? Islam merupakan salah satu agama terbesar di dunia yang memiliki history sejarah yang panjang dalam penyebaranya di muka bumi ini. Sedangkan di indonesia, agama islam telah menjadi bagian integral dari budaya dan kehidupan di masyarakat secara luas.

Bagaimanakah proses masuknya islam di indonesia?  Dalam perjalannya memiliki history yang sangat kompleks, yaitu dipenuhi dengan intraksi budaya, dunia perdagangan, dan campur tangan politik selama berabad-abad. Disini akan kita ulas secara detail dan mendalam tentang sejarah masuknya islam ke indonesia, dari awal hingga sekarang yang menjadi agama mayoritas di indonesia, sehingg negara kita menyandangsalah satu negara muslim terbesar di dunia.

Tahap Awal Penyebaran Islam di Indonesia.

Peran pedagang dan Jalur perdagangan :

Peran pedagangan memainkan peran yang sangat penting terjadinya masuk islam ke indonesia, karna, islam masuk ke indonesia masuk melalui jalur perdagangan yang saat itu sudah berkembang sejak abad ke-7. selai itu juga pedagang-pedagang dari arab, persia, dan gujarat ( india ) turut memainkan peran penting juga dalam menyebarkan agama islam di indonesia.

Kemudian selain dalam perjalanan niaga mereka membaga rempah-rempah dan kain, mereka juga sekaligus mambawa peradaban islam, melalui intraksi dalam perdagangan, dalam keteranganya, pedagang-pedagang tersebut pertama kali mulai memperkenalkan islam melalui penduduk lokal di pesisir sumatra dan jawa.

Kontak Pertama dengan  Nusantara :

Pada catatan sejarahnya Dinasti Tang di China mencatat bahwa adanya komunitas muslim di indonesia adalah pada abad ke-7 dan abad ke-8. itu kemungkinan kontak pertama antara penduduk nusantara dengan islam pada abad itu yaitu di sriwijaya.

Selain itu dalam kontak dengan penduduk nusantara,  dalammemperkenalkan agama islam ini, para pedagang muslim juga singgah di pelabuhan-pelabuhan besar seperti dipelauhan barus dan pelabuhan di aceh. Namun pada keteranganya, penyebaran agama islma pada tahap inimasih sangat terbatas pada komunitas antar pedagang saja belum menyentuh maysarakat secara luas.

Proses Islamasi.

Kerajaan Samudra Pasai :

Dalam sejarahnya, kerajaan Samudra Pasai terletak di pesisir utara pulau sumatra, yang di kenal dengan kerajaan islma pertama di indonesia pada abad ke-13. Hal ini rupanya menjadikan titik penting dalam sejarah islam, karna dengan beridinya kerajaan ini, menjadi titik cerah dalam berkembangnya agama islam, sebab dengan masuknya raja pertama kerajaan Samudra Pasai, yang menjadikan agama yang utama di kerjaan tersebut, pada kala itu yang di pimpin oleh raja Sultan Malik Al-Saleh.

Sejak saat itu, kerajaan Samudra pasai menjadikan islam sebagai agama resmi di kerajaan Samudra pasai. Hal ini tentunya memberikan peranan yang sangat penting, karna mengingat kerajan Samudra Pasai pada waktu itu merupakan slah satu kerajaan terbesar di nusantara, otomatis melalui kekuasaan politik dan koneksi jaringan perdagangnan yang sangat luas, yang mempermudah penyebaran islam ke wilayah-wilayah sekitarnya dengan lebih intensif.

Kerajaan Aceh Darussalam :

Dalam penyebrannya agama islam di indonesia terbilang sangat intensif sekali, apalagi banyak kerjaan-kerajaan bersar di nusantara mulai  telibat dalam penyebaranya. Pada abad ke-16, di pimpin oleh sultan Iskandar Muda, kerajaan Aceh Darussalam juga ikut berperan penting dalam penyebaran agama islam dalam masayarkat nusantara.

Kesultanan Aceh Darussalam muncul sebagai kekuatan besar yang memiliki peranan yang penting dalampenyebaran agama silam di sumatra dan semananjung malaya. dan ini pula yang menjadikan Aceh sebagai pusat keilmuan dan kebudayaan islam yang mampu menarik ulama-ulama dari berbagai wilayah lain yang telah terlebih dahulu memeluk agama islam.

Adapun jalur yang di tempuh dalam meneyebarkan agama islam di nusantara masih menggunakan metode yang sama dengan seblum-sebelumnya yaitu melalui dunia perdagangan, dengan pengaruhnya, selain melaui perdagangan, jalur diplomasi dengan kerjaan-kerajaan lainya di nusantara juga di tempuh.

Wali Songo dan Penyebaran Islam di Jawa :

Lain halnya dengan metode penyebaran agama islam di pulau jawa, dalam sejarahnya penyebaran agama islam di pulau jawa diperankan oleh para ulama yang di sebut pawar wali yang kita kenal dengan ( wali songo ). Para wali ini lah yang memegang pernanan yang sangat penting dalam meyebarkan agama islam di pilau jawa melalui pendekatan dan inklusif.

Dalam menyebrakan agama islam ini, wali songo menggunakan berbagai cara dan metode yang di gunakan seperti, melalui pe3ndekatan seperti malalui seni, budaya, serta pendidikan demi untuk menarik perhatian masyarakat jawa terhadap ajaran islam ini. mereka juga berperan penting juga dalam mendirikan pesantren-pesantren yang dijadikan sebagai pusat pendidikan agama islam.

Dari beberpa wali songo yang di kenal dengan metode penyebranya melalui budaya yang unik adalah wali songo Sunan kalijaga. Seperti apa keunikanya metode penyebran agama islam dari sunan kalijaga ini adalah, terlihat dari  media dakwahnya yaitu, menggunakan alat budaya dan seni pertunjuan wayang dan suara merdu gamelan. Hal ini yang membuat agama islam mudah di terima pleh masyarakat yang pada saat itu masih kuat dan kental dengan tradisi Hindu-Budha.

Kesultanan Demak :

Kesultanan demak merupakan pusata penyebaran agama islam di daerah jawa tengah dan sekitarnya. Pada abad ke-16, berdirilah kerjaan kesultanan demak yang merupakan kerjaan islam pertama di tanah jawa. Kesultanan demak ini dipimpin oleh Raden Patah sebagai pendiri dari kesultanan demak ini.

Raden Patah merupakan keturunan dari  bangsawan majapahit yang memeluk islam. di bawah kepemimpianan sultan trenggana, dalam penyebaran agama islam, kesultanan demak juga melakukan ekspansi poitik dan militer untuk memperluas pengarus agama islam di jawa tengah dan sekitarnya.

Integrasi dan Akulturasi Budaya.

Akulturasi budaya islam dengan tradisi lokal :

Dalam penyebaran agama islam, akulturasi yang di maksud adalah dalam penyebaranya tidak serta merta menghilangkan tradisi dan buadaya lokal yang sudah lama mendarah daging di masyarakat. bahkan sebaliknya, terjadi kulturasi  dimana elmen-elmen serta unsur tradisi dan buadaya lokal menyatu dengan islam.

Maka dengan cara seperti ini, agama silam mudah di terima di masyarakat dengan mudah karna mangadopsi sistem akulturasi yang contoh tindakanya yaitu Arsitek masjid, di bangun dengan perpaduan antara gaya arsitektur lokal dengan unsur-unsur islam.

Dalam hal ini bisa kita lihat contoh akulturasi tersebut di bangunan masjid demak, yaitu, menggambarkan perpaduan bangunan atap berundak yang menyerupai meru, yaitu sebuah bangunan suci dalam tradisi Hindu-Budha.

Pengaruh Islam dalam Seni dan Sastra :

Islam rupanya memebrika warna baru dan pengaruh besar dalam dunia sastra dan seni.  yang brupa Hikayat, syair-syair islam, dan sastra sufi yang menjadi bagian penting di kesusastraan indonesia. Adapun karya-karya yang tekrnal yang penting yaitu ” Hikayat Raja-Raja Pasai” dan ” Bustan al-Salatin” keduanya ini contoh dari pengaruh sastra islam di nusantara.

Tantangan dan Perkembangan Islam di Indonesia.

Kolonialisme dan perlawanan islam :

Pada saat itu umat silam mengadapi tantangan yang sangat besar, ketika kolonialisme eropa mulai masuk ke indonesia pada abad ke-16, namun saat itu, islam menjadi sumber inspirasi yang nyata bagi perlawanan terhadap penjejahan kolonialis eropa.

Hal ini di tandai dengan terlibatnya banyak pemimpin perlawanan seperti Sultan Agung dari Mataram dan pangeran Diponogoro di antaranya yang terinspirasi oleh semangat jihad dalam islam. dalam perlawanan ini, tidakhanya dalam bentuka militer saja, akan tetapi juga melalui pendidikan dan pengajaran di pesantren-pesantren yang terus mengajarkan ajarana islam dibawah tekanan kolonial.

Islam dan Kemerdekaan Indonesia.

Pada saat merebut kemerdekaan indonesia pada masa penjajajhan saat itu, peran umat islam dalam merebut kemerdekaan indonesia,  yang terbukti ada beberapa toko islam yang aktif dlam gerakan perjuangan kemerdekaan indonesia, baik melalui diplomasi maupun perjuangan dalam bentuk fisik.

Di kisahkan juga bahwa, pada awal kemerdekaan indonesia, islam juga turut menjadi slah satu unsur penting dalam pembentukan identitas nasional indonesia. meskipun ternyata indonesia memilih idiologinya dasarnya pancasila, namun kontribusi dan peran islam tetap diakui dan dihormati.

Kesimpulan :

Dalam peranan penting masuknya agama islam di nusantara pada saat itu nama indonesia sebelum kemerdekaan, adalah merupakan perjalanan dan kisah yang penuh cerita dan history sejarah perjuangan semua aspek dan elmen masyarakat.

Hal ini tentunya melibatkan berbagai unsur elmen budaya, politik dan ekonomi,  mulai dari para pedagang di wilayah pesisir sumatra sampai pengaruh besar dari perjuangan wali songo di tanah jawa, sehingga islam mudah diterima dan bisa menyatu dengan masyarkat indonesia.

Adapun metode akulturasi antara islam dan tradisi lokal telah menciptkan bentuk islam yang unik dengan karifan budaya lokal di indonesia, dan keunikan itu masih kental terjaga sampai dengan saat ini.

Kemudian dengan kita memahamin sejarah masuknya islam di indonesia, kita saat ini akan lebih menghargai kekayaan budaya dan keberagaman yang telah di wariskan. serta  kita melihat begaimana agama merupakan menjadi unsur sumber inspirasi dan kekuatan dalam menghadapi kerasnya tantangan perkembangan zaman.