Sejarah Penemuan Handphone

Berawal dari Impian Hingga Kenyataan.

Saat ini hal yang seakan tidak bisa terpisahkan sudah menjadi sebuat kebutuhan yang sangat penting dari sisi kebutuhan manusia yaitu Handphone. Hnadphone atau dahulu dikenal dengan teltpon genggam.

Selain itu, Seakan tidak terpisahkan lagi dalam kehidupan sehari-hari dari manusia pada jaman modern saat ini, Handphone merupakan sebuah perangkat yang sangat revolusioner. Tidak hanya memudahkan untuk berkomunikasi antar manusia, tetapi handphone ini membawa fitur-fitur yang canggih yang saat ini sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia.

Sejarah penemuan Handphone secara detail dan mendalam, mulai dari konsep dasar hingga perkembangan yang sangat maju sekali di era yan gserba digital saat ini :

Masa Pra-Handphone atau di kenal dengan Komunikasi Nirkabel.

Pada tahun 1837, Salah satu ilmuan terkemuka saat itu yang bernama Samuel telah menemukan alat komunikasi telegraf, ini merupakan langkah awal menuju perkembangan komunikasi masa depan menuju komunikasi elektronik.

Kemudian, sebelum handphone menjadi kenyataan, komunikasi nirkabel sangat membantu sekali dalam berkomunikasi jarak jauh. dalam prosesnya, komunikasi jarak jauh mengalami beberapa tehap dalam perkembanganya.

Bagaiman kala itu telegram bekerja dalam berkomunikasi? telegram dalam berkominkasi jarak jauh menggunak kode-kode yang di kirim dalam bentuk pesan melalui kode morse dengan media kabel.

Selanjutnya, pada tahun 1876, Alexander GrahamBell mematenkan telepon, perkembangan ini yang mengawali komunikasi dalam bentuk suara menggunkan kabel kala itu disebut telekom.

namu masih ada kendala dalam komunikasi menggunkan kabel seperti, terkendala jarak, contohnya di suatu daerah yang belm terjangkau oleh kabel, maka kominukasi tidak bisa di lakukan karna tidak terkoneksi atau keterbatasan  oleh keberadaan jaringan kabel.

Radio dan Komunikasi Nirkabel.

Pada awal abad ke-20, merupakan perkembangan awal dari teknologi Radio, hal ini membuka jalan bagi komunikasi meggunakan nirkabel, perkembangan ini terjadi pada tahun 1901.

Kemudian, pada saat itu seorang ilmuan yang bernama Guglielmo Marconi berhasil mengirimkan sinyal radio yang bisa melintasi samudra Atlantik. ini merupapak sebuah perkembangan yang menandai awal terjadinya komunikasi menggunakan Nirkabel.

Selanjutnya, pada tahun 1920-an, Alat komunikasi yang digunakan untuk berkomunikasi di sebuah alat tranportasi baik kapal laut atau pesawat terbang menggunakan Radio sebagai media komunikasinya. hal ini memberi efek perkembangan teknologi radio untuk terus maju sampai tahap penemuan telepon genggam.

Konsep Telepon Seluler Pertama.

Kapan terciptanya ide tentang telepon seluler pertama kali? Pada tahun 1947, Munculah ide pertama kali tentang ide telepon seluler pada kala itu di gagas oleh Bell Labs, yaitu sebuah laboratorium riset milik AT&T, Pada saat itu mengajukan konsep pengguna jaringan seluler untuk komunikasi nirkabel.

Adapun konsep dari ide telepon genggam ini adalah wilayah geografis dibagi emnjadi sel-sel kecil, yang masing-masing dari sel-sel tersebut di layani oleh sebuah pemancar rendah daya. yang memungkinkan penggunanya dapat berpindah dari satu sel ke sel lainnya tanpa terputus, hal ini memungkinkan pula unutk mobilitas dalam berkomunkasi.

Penemuan Prototipe Handphone Pertama.

Siapakah penemu handphone pertama kali? Pada tanggal 3 april tahun 1973. Hnadphone pertama kali di wujudkan oleh seorang insinyur yang bernama Martin cooper. waktu itu, cooper menelpon joel engle, yaitu kepala riset di bell labs, menggunakan prototripe yang kala itu dikenal sebagai DynaTAC ( Dynamic Adaptive Total Area Coverage ).

Saat itu berat dari prototive ini mancapai 1,1kg dan memiliki tinggi lebih dari 25 cm, sedangkan waktu bicara dari prototive ini berbicara hanya 30 menit, kemudian pengisian ulang selama 10 jam.

Evaluasi Handphone, dari generasi ke generasi.

Ada loh pada jaman modern gini yang tidak tau apa itu kepanjangan dari huruf G pada signal handphone. kebanyak orang-orang saat ini hanya bisa menggunakannya saja, jika di tanya apa kepajangan dari huruf G yang tertera di gambar signal di handphone ada aja yang tidak tahu.

Adapun huruf G pada gambar signal di handphone anda adalah menunjukan bahwa Gerasi Handphone tersebut seperti, contohnya G1 berarti generasi 1 dan seterusnya sampai dengan G5 yang kita kenal saat ini FiveG.

Adapun penjelasanya adalah, hanphone di kembangkan berdasarkan generasinya mulai dari generasi pertama sampai generasi ke-5. untuk itu akan kita kupas apa sih perkembangan menurut generasi ke generasi tersebut.

  • Generari Pertam (1G)

Generasi ini diperkenalkan pada tahun 1980-an,  yang kita kenal dengan 1G. kala itu sistem yang di pakai menggunakan teknologi analog danjaringan AMPS ( Advanced Mobile Phone system ).

Kemudian  pada tahun 1983, perusahaan Motorola meluncurkan DynaTAC 8000X, ini merupakan handphone komersial pertama, meski saat itu ukurannya sangat besar dan harganya sangat mahal, namun pada kenyataanya, perangkat ini menjadi simbol status dan membuaka jalur bagi industri telpon seluler.

  • Generasi Kedua (2G)

Perkembangan demi perkembangan menandai dari genreasi ke generasi menandainya. pada tahun 1990-an, teknologi digital mulai menggantikan sistem analog,handphone generasi kedua atau 2G menggunakan teknologi GSM ( Global for Mobile Communication ) dan CDMA ( kode divisi multi accsess ).

Kemudian, dengan kedua sistem yan gterbaru ini, terbukti meningkatkan kualitas suara, dan efesiensi spektrum. dalam segi ukruanpun handphone menjadi lebih kecil dan lebih ringan dali pendahulunya serta lebih terjangaku dalan segi harganya, dan juga untuk mengirim pesan juga menggunakan sistem SMS ( Short Message Service ).

  • Genrasi Ketiga (3G)

Mulai diperkenalkan pada tahun 2000-an. 3G ini menawarkan teknologi peningkatan kecepatan data yang signifikan, yang memungkinkan akses internet dan layanan multimedia pada ponsel anda.

Serta menggunakan teknologi UMTS ( Universal Mobile Telecomunucations System ) dan CDMA 2000, ini merupakan standar dari 3G yang kala itu populer. Dengan 3G, perkembangan handphone mulain menjadi smartphone dengan memiliki kemampuan browsing web,email dan aplikasi pendukung lainnya.

  • Generasi Ke Empat 4G

Dalam perkembanganya, 4G ini sudah mampu mengoprasikan streaming video HD, gaming online, serta apliaksi yang lebih kompleks. Teknologi 4G ini di luncurkan pada akhir tahun 2000-an sampai dengan tahun 2010-an. saat itu smartphone 4G menjadi salah satu perangkat yang multifungsi yang menggantikan banyak perangkat lainnya seperti penggunaan kamera. pemtaran musik dan signal GPS.

  • Generai Ke Lima 5G

Kecepatan data yang lebih cepat, kapasitas jaringan yang lebih besar, serta ;atensi yang sangat rendah, itulah kelebihan dari teknologi 5G. yang saat itu membawa konsep interet of thing yang sering di singkat dengan ( loT) sehinga menjadi lebih nyata.

Perkembangan Teknologi dan Dampaknya.

Tujuan dari pengembangan handphone rupanya tidak hanya terbatas hanya pada peningkatan jaringan dan kecepatan data saja. melainkan berbagai inovasi teknologi lainnya turut berkontribusi dalam evolusi handphone.

  • Layar sentuh dan Antarmuka pengguna

Pada tahun 2007 diperkenalkanya teknologi laya sentuh pertama kali oleh Apple iPhone. ini merupakan revolusi cara pengguna berintraksi dengan ponsel. layar sentuh ini memudahkan antarmuka pengguna mengiprasikanya dengan berbasis ikon dan gestur menggantikan tombol fisik. ini bermanfaat sekali membuat penguna ponsel lebih intuitif dan lebih fleksibel.

  • Teknologi Kamera

kamera, letak utamanya kamera adalah pada resolusinya yang menentukan kualitas gambar dari sebuah kamera. awalnya kamera pada ponsel memiliki kualitas resolusi gambar yang sangat buruk.

Kemudian, dengan seiring berjalannya waktu teknologi semakin berkembang, dengan terciptanya teknologi sensor dan lensa. sehingga dengan teknologi ini, kamera ponsel kini mampu menghasilkan gambar dan video dengan kualitas resolusi yang tinggi.

Selanjutnya, ada juga ponsel dengan kamera ganda, dan memungkinkan  fitur seperti zoom optik. mode potret serta pemotretan sudut lebar.

  • Prosesor dan Memori

Dengan adanya prosesor dan memori pada ponsel, memungkinkan ponsel bisa menjalankan aplikasi yang lebih kompleks dan kaya fitur. untuk ponsel saat ini yang lebih modern sudah dilengkapi dengan prosesor multi-core, RAM besar dan tertanam penyimpanan internal yang lebih luas. serta mendukung berbagai kebutuhan pengguna dari aplikasi gaming hingga akitivitas lainnya.

  • Batray dan Pengisian Daya

Untuk ketahanan batray yang digunakan ponsel saat ini juga memiliki daya tahan yang lama. sehingga pengguna akan lebih lama menggunakan ponsel dalam rentan waktu sekali pengisian daya. bahkan saat ini sudah ada teknologi pengisian daya super cepat yang kita kenal dengan fastcarging denganmedia nirkabel.

  • Konektivitas dan Sensor

Dalam perkembanganya, ponsel semakin kesini semakin serba lengkap jenis konektivitasnya seperti Wi-fi, Bluetoth, NFC, dan GPS. serta di lengkapi juga dengan sensor seperti ekselerometer, giroskop, sensor cahaya dan sensor sidik jari.

Ini semua sangat mendukung dan menambah kemampuan ponsel dalam mendukung di berbagai aplikasi dan fitur-fitur yang ada.

Kesimpulan :

Dalam perjalananya, penemuan dan evolusi tentang handphone merupakan cerita tentang inovasi teknologi yang terus berkembang.  dalam trasformasinya, brawal dari konsep hingga menjadi perangkat yang serba multifungsi yang hampir tak tergantikan kebradaan dan kebutuhan disini manusia.

Kemudian dengan terus berkembang dan di kembangkan dalam segi teknologinya, masa depanhandpone ini sangat menjajikan sekali serta menjanjikanlebih banyhak lagi inovasi yang kedepanya aka semakin mempermudah dan memeprkaya kehidupan manusia.

saat ini dalampenggunaanya handphone tidak hanya digunakan untuk sebagai alt komunikasi saja, akan tetapi terdapat pandangan dari sisi lain yaitu sebagai simbol dari kemajuan teknologi dan adaptasi manusia terhadap perubahan jaman.