Sejarah Penemuan Komputer dan Perkembangan

Sejarah penemuan komputer ini telah terjadi sejak abad ke-17 hingga abad ke-18 SM. Perjalanan panjang dalam penemuan dan pengembangan komputer melibatkan banyak toko dan peristiwa penting pada saat itu.

Adapuh penjelasan singkat sejarah penemuan komputer dari awal sampai dengan saat ini di era modern :

Awala konsep Komputasi pada Abad ke-17 dan Abad ke-18.

Abacus (Abad ke-17 SM )

Abacus adalah merupakan langkah awal dalam konsep penghitungan mekanis. Abicus merupakan alat hitung paling awal yang kita ketahui, yang kala itu digunakan oleh bangsa mesir kuno dan mesopotamia.

Alat hitung mekanis ( Abad ke-17 )

Pada abad ini, alat hitung memiliki kemajuan, alat hitung ini dikembangkan lebih maju lagi oleh ilmuan dan matematikanwan seperti Blaisie dan Wilhelm Leibniz, pada saat itu ilmuan ini mengembangkan alat mekanis, masing masing mengembangkan alat-alat mekanis.

Pacal menciptkan pascaline yaitu sebuah kalkulatoe roda ggi yang dapta melakukan oprasi bilangan penjumlahan dan pengutrangan, sedanga kan Leibniz pada saat itu mengembangkan stepped reconer yang mampu melakukan oprasi dasar aritmatika.

Mesin analitik Charles Babbage ( 1887 )

Mesin analitik yang merupakan penemuan di bidang mekanik yang cikal bakal komputer modern. Mesin analitik ini di temukan oleh seorang ilmuan asala ingris yang bernama Charles Babbage.

Kemudian cara kerja mesin ini adalah mesin ini dirancang untuk melakukan perhitungan kompleks yang menggunakan kartu punched dan memiliki konsep memori, aritmatikan dan input/ouput yang mendasar.

Agusta Ada Lovelace (1843)

Siapkah lovelace? Ia adalah seorang progremer pertama komputer, yang bekerja sama dengan babbage yang saat itu bertugas meulis algoritma untuk di jalankan oleh masin.

Komputer Mekanis dan Elektronik pada Abad ke-20.

  • Mesin turing alan turing (1936) :

Apakah yang di maksud dengan alat tuoring yaitu abstrak penting menunjukan bagaimana instruksi dapat di proses secara sistematis oleh mesin.

  • Zuse Z3 (1941)

Zuse Z3 adalah sebuah komputer yang dapat di program yang berfungsi penuh, adapun cara kerjanya Z3 menggunakan relai eletromekanis serta mampu melakukan perihutungan yang kompleks.

  • Eniac (1945)

Apa fungsi dari komputer Eniac pada saat itu, pada saat itu, komputer eniac di gunakan untuk menghitung table balistik bagi angkatan darat amerika serikat selama dalam perang dunia II dan mampu melakukan 5000 oprasi perdetiknya.

  • Transistor dan IC (1950-an – 1960-an)

Kemudian, Dengan penemuan transistor, ternyata membuka jalan bagi miniturisasi dan peningkatan kecepatan komputer, untuk penemuan transistor ini pada tahun 1947,  di temukan oleh john bardeen, walter brattain, dan wiliam shockley, bahkan selain trasistor, ditemukan juga (IC ) integrasi sirkuit, oleh Jack dan Robert Noyce pada akhir 1950-an.

Era komputer Modern Abad ke-21.

  • Komputer pribadi ( tahun 1970 – 1980-an )

Adapun beberapa perusahaan yang mempopulerkan kompur pribadi (PC) pada akhir tahun 1970-1980-an adalah perusahaan seperti Apple,IBM dan Microsoft. pada saat itu salah satu pondasi perkembangan komputer rumah dan kantor adalah adanya bahasa mesin yang diciptakan oleh Apple II,IBM PC dan Sistem oprasi Microsoft DOS.

  • Internet dan komputasi awan ( 1990-2000-an )

Kemudian, Dalam perkembanganya, komputer bisa saling terkoneksi ke seluruh dunia, ini terjadi pada tahun 1990-an, yaitu terciptanya jaringan informasi gelobal. hal in ibisa terjadi karna di ciptakanya komputasi awan ( cloud computing ) yaitu yang memungkinkan pengelolahan data secara online, serta memberikan fleksibilitas dan aksesibilitas yang lebih luas dan besar.

Komputasi Kuantum (2010-an – saat ini)

Selanjutnya, penelitian terus di kembangkan dalam komputasi kuantum, yakni menggunakan prinsip mekanika kuantum sebagai alat untuk memperoses informasi. dengan penelitian ini, menharapkan dapat memberikan lonjakan besar dalam kecepatan dan kapasitas komputasi dibadningkan dengan komputasi yang klasik.

Kesimpulan :

Maka, Dalam perkembangan komputer ternyata banyak merubah cara kerja mausia, bekerja, belajar dan komunikasi. dalam sejarahnya penemuan komputer, ternyata membutuhkan kisah yang sangat panjang dalam menyempurnakan sesuai kebutuhan sampai dengan saat ini.

Sera melibatkan banyak inovasi dan penemuan dari berbagai zaman, mulai dari Abacus kuno sampai dengan saat ini yaitu komputer kuantum modern. Hal ini menunjukan perkembangan masadepan yang sangat baik, komputasi tampak lebih cerah dengan potensi dan trobosan yang baru, dan ini juga akan mendorong batas-batas pengetahuna dan teknologi sampai dengan saat ini.